Senin, 25 November 2019

Public speaking


Public speaking adalah kegiatan yang mengandalkan kepercayaan diri dalam berbicara dan pengetahuan mendalam terhadap topik yang sedang dibahas. Agar pembahasan yang dijabarkan tidak meleset dari tujuannya, perlu disesuaikan jenis public speaking apa yang cocok untuk diterapkan dalam suatu acara. Tentu kamu tidak mau kan, salah membawakan tema bahasan dalam sebuah pembicaraan penting? Maka dari itu, berikut jenis-jenis public speaking..





1. Informatif
Public speaking jenis ini bertujuan untuk memberitahu sesuatu, baik itu hal yang baru ataupun informasi terbaru terkait suatu isu atau topik. Pembicara harus melakukan riset yang mendalam terhadap topik yang akan dipresentasikan. Atau biasanya, si pembicara adalah seorang ahli dalam bidang topik yang akan dibahas.
Kita biasa menemukan jenis public speaking seperti ini di presentasi bisnis, kuliah yang mendatangkan dosen tamu, atau presentasi kelompok di kelas. Yang perlu dipersiapkan lebih jauh selain riset adalah mengumpulkan fakta yang lengkap, namun tetap terkait dengan tema presentasi. Presentasi dianggap berhasil jika para audiens bisa mengerti maksud dari pembicara dengan baik.

2. Persuasif

Jenis persuasif adalah public speaking yang bertujuan untuk mengajak sekelompok orang atau perseorangan melakukan atau mempercayai sesuatu. Jenis ini bisa dibilang membutuhkan pembicara yang benar-benar ahli karena terkait dengan kepercayaan orang lain. Bisa saja pembicara harus menghadapi orang atau kelompok yang bersifat oposisi terhadap opini yang dibawakan pembicara. Hal itulah yang menjadi tantangan bagi para public speaker.
Kegiatan ceramah keagamaan, seminar motivasi dan presentasi produk merupakan banyak contoh dari public speaking jenis persuasif. Yang harus diperhatikan adalah target audiens yang akan kita hadapi. Pengetahuan kita harus lebih baik dibanding para audiens kita dan jangan membahas sesuatu yang menyakiti beberapa pihak. Memang kita mau mengajak untuk melakukan sesuatu, tapi tidak enak kan jika ada yang tidak suka karena merasa tersindir?
3. Entertain


 Jenis public speaking ini bersifat menghibur, atau dilakukan pada keadaan tertentu saja. Pernah menonton stand up comedy? Itu adalah salah satu contoh jenis public speaking yang bersifat menghibur. Orang-orang rela membayar sejumlah uang untuk menonton para pembicara yang melakukan stand up comedy. Bukankah sangat menarik jika kita dibayar hanya untuk berbicara dan membuat orang tertawa?





4. Extemporaneus / Impromptu

Sebenarnya, jenis ini tidak berbeda jauh dengan jenis-jenis public speaking lainnya. Namun perbedaannya terletak pada persiapannya. Metode impromptu tidak melakukan persiapan khusus dan dilakukan secara mendadak. Misalnya memberikan kata sambutan pada saat pernikahan teman, tentu kalian tidak menyiapkan bahan yang harus diucapkan pada saat mengucapkan selamat di pernikahan didepan banyak orang, bukan? Maka dari itu, tidak banyak orang-orang yang mahir melakukan public speaking jenis seperti ini.

Itulah jenis-jenis public speaking yang sering kita dengar. Setiap jenis mempunyai karakteristiknya masing-masing dan kegunaannya sendiri. Tidak semua jenis cocok untuk dibawakan pada semua jenis acara. Maka dari itu, dengan mengetahui jenis-jenis nya, kalian tidak perlu takut salah membawakan topik, ya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CARA LENGKAP MENGGUNAKAN APLIKASI AUDACITY : EDIT SOUND MUSIC

Assalamualaikum wr. wb. kembali lagi di blog ini kali ini saya akan memberikan cara serta tutorial menggunakan aplikasi audacity.         ...